Friday, March 2, 2012

Pengertian Demokrasi Terkait Teori Kedaulatan Rakyat

Kata demokrasi ini sangat populer, tidak hanya pada saat tumbangnya rezim "Orde Baru", tetapi sejak para republik ini mendirikan negara Republik Indonesia. Apabila ditelusuri lebih jauh maka anda temukan budaya demokrasi itu hidup dan berkembang sejak zaman Yunani Kuni (Abad ke-6 SM).

Dewasa ini banyak negara di dunia yang menggunakan "demokrasi" sebagai landasan sistem politik kenegaraanyang mengatur kehidupan individu, masyarakat, berbangsa, dan bernegara maupun dalam konteks hubungan dunia internasional.

Demokrasi merupakan hasil dari berbagai pengalaman dalam penataan kehidupan bersama (kontrak sosial) masyarakat dan mengalami pasang surut. Demokrasi juga dikaitkan dengan "Teori Kedaulatan Rakyat. Menurut teori ini bahwa kekuasaan di suatu negara bersumber pada individu-individu. Individu ini pada awalnya merupakan orang bebas dan kemudian membentuk negara. Di dalam negara tersebut mereka menjadi rakyat yang tunduk kepada kekuasaan negara. Dengan demikian, kekuasaan tertinggi dari suatu negara bersumber atau berasal dari rakyat, para pemimpin negara pun dipilih atas kehendak rakyat. Suatu negara yang pemerintahannya berdasarkan kedaulatan rakyat ini dinamakan negara demokrasi.

Keyword : Pengertian Demokrasi, Teori Kedaulatan Rakyat, Negara Demokrasi
jokirnas Updated at: 7:45 PM

No comments:

Post a Comment