Friday, March 16, 2012

Nasionalisme dan Patriotisme Rangkuman Dari Berbagai Sumber

Di Amerika Serikat, ada rasa nasionalisme dan patriotisme. Bagi banyak orang, nasionalisme dan patriotisme adalah satu dan sama. Ternyata setelah serangan pada Tanggal  9 November, warga Amerika bersama-sama menunjukkan pada dunia bagaimana sikap patriotik dan nasionalistik. Artikel ini akan menunjukkan bahwa ada perbedaan antara nasionalisme dan patriotisme.

Nasionalisme tidak mudah untuk didefinisikan sebagai patriotisme. The American Heritage Dictionary Sekolah Tinggi memberikan tiga definisi nasionalisme: "1 Devosi kepada kepentingan atau budaya bangsa seseorang 2. Keyakinan bahwa negara menekankan Aspirasi nasional daripada tujuan internasional 3. untuk kemerdekaan nasional di suatu negara di bawah dominasi asing...... " Menurut Wikipedia, ada beberapa jenis nasionalisme. Menurut saya yang paling umum adalah dasar dari nasionalisme adalah nasionalisme sipil. Menurut Wikipedia, "Keanggotaan bangsa sipil dianggap sukarela." Ini memiliki arti warga negara bisa memutuskan sendiri jika mereka ingin menjadi bagian atau tidak. Wikipedia menyatakan lebih lanjut bahwa "nasionalisme sipil adalah bentuk nasionalisme dimana negara memperoleh legitimasi politik dari penyertaan aktif dari penduduknya, membentuk sejauh mana itu merupakan" kehendak rakyat. " Hal ini dapat dipahami sebagai "untuk rakyat dan oleh rakyat." Wikipedia menambahkan bahwa "cita-cita nasional sipil mempengaruhi perkembangan demokrasi perwakilan di negara-negara..."

Bentuk lainnya adalah nasionalisme negara. Wikipedia menjelaskan bahwa "nasionalisme negara adalah varian tentang nasionalisme sipil, sangat sering digabungkan dengan nasionalisme etnis Ini menyiratkan bahwa bangsa merupakan komunitas dari mereka yang berkontribusi pada pemeliharaan dan kekuatan negara,. Dan bahwa individu ada untuk berkontribusi untuk tujuan tersebut"

Menurut Wikipedia, "nasionalisme etnis mendefinisikan bangsa dalam hal etnis, yang selalu mencakup beberapa unsur keturunan dari generasi sebelumnya. Ini juga mencakup ide-ide dari budaya bersama antara anggota kelompok dan dengan nenek moyang mereka, dan biasanya berbahasa sama. Negara yang berasal legitimasi politik dari statusnya sebagai tanah air dari kelompok etnis, dan dari fungsinya untuk melindungi kelompok nasional dan memfasilitasi kehidupan budaya dan sosial, sebagai sebuah kelompok. " Wikipedia menyatakan bahwa nasionalisme etnis adalah bentuk paling tersebar luas dan sebagian besar disebut sebagai "nasionalisme".

Terakhir yang disebut diaspora nasionalisme atau "long-far nasionalisme." Menurut Wikipedia ini "biasanya merujuk kepada perasaan nasionalis antara diaspora seperti Irlandia di Amerika Serikat, atau Lebanon di Amerika dan Afrika, dan Armenia di Eropa dan Amerika Serikat." Ini berarti bahwa orang tidak lagi berada di tanah air mereka kebangsaan atau etnis. Melihat Amerika Serikat saat ini, sejumlah besar warga negara nasionalis diaspora. "Nasionalisme adalah sebuah ideologi - tapi sering mempromosikan sikap patriotik sebagai diinginkan dan tepat" (Wikipedia, patriotisme).

Patriotisme di sisi lain adalah "cinta dan pengabdian ke negara seseorang" (American Heritage College Dictionary). Wikipedia menjelaskan patriotisme secara lebih rinci. "Patriotisme mencakup sikap seperti: bangga prestasi dan budaya, keinginan untuk melestarikan karakter dan dasar budaya, dan identifikasi dengan anggota lain dari bangsa Patriotisme memiliki konotasi etis:. Ini menunjukkan bahwa 'tanah air' yang pasti adalah nilai standar atau moral moral dalam dirinya Patriotisme juga berarti bahwa individu harus menempatkan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi mereka (kelompok).. " Patriotisme, seperti nasionalisme, memiliki jenis yang berbeda. Setiap orang dapat memilih sejauh apa mereka ingin menjadi patriotik dan bagaimana mereka ingin menampilkannya. Hal ini disebut sebagai patriotisme pribadi. Orang yang memilih dan mengaplikasi pada nilai-nilai patriotik tertentu, misalnya bagaimana kita meghargai lambang negara dan bendera merah putih.

Menurut Wikipedia, "Pemerintah mempromosikan sebuah patriotisme resmi yang memiliki konten simbolis dan seremonial tinggi. patriotisme resmi diatur oleh protokol, dengan metode khusus untuk tujuan penanganan, atau jaminan tertentu dan menampilkan kesetiaan." Tindakan simbolik lainnya "menampilkan bendera, menyanyikan lagu kebangsaan, berpartisipasi dalam sebuah pidato umum, menempatkan stiker patriotik pada kendaraan seseorang, atau cara lain secara terbuka menyatakan kesetiaan kepada negara" (Wikipedia). Selama masa perang patriotisme simbolis diantisipasi untuk meningkatkan moral, yang pada gilirannya akan memberikan kontribusi kepada upaya perang (Wikipedia). Patriotisme selama masa damai ini tidak terlihat tapi tidak pernah kurang itu ada dan harus kita lestarikan.

Menurut Neil Postman, "seorang warga negara memiliki kewajiban untuk mengkritik pemerintah dan aktor-aktor lain dalam masyarakat ketika kesenjangan antara ideal dan realitas menjadi terlalu besar." Dengan kata lain, patriot memiliki kewajiban dan hak untuk mempertanyakan transparansi pemerintah dan orang yang mewakili pemerintah. Dia harus mempertanyakan apakah mereka bertindak demi kepentingan negara dan bangsa atau tidak.

kesimpulan, perbedaan antara nasionalisme dan patriotisme dari kutipan dari Sydney J. Harris: "Perbedaan antara patriotisme dan nasionalisme, Patriotisme adalah bangga atas kebajikan suatu negara dan bersemangat untuk memperbaiki kekurangan tersebut, tetapi juga mengakui patriotisme yang sah dari negara lain, dengan kebajikan mereka sendiri yang spesifik. Kebanggaan nasionalisme adalah rasa persatuan yang tidak melihat sudut pandang perbedaan".
jokirnas Updated at: 12:16 PM

3 comments:

  1. Kata-kata yang paling tepat untuk artikel ini adalah: “Berhenti mengkhianati atau membenci bangsa dan negaramu, sebelum bangsa dan negaramu menistakan (memunafikkan atau membenci) kamu…” Tunjukin dunk merah muu Sikap Nasionalis, Patriotis, Demokratis untuk Kedaulatan Bangsa Thanks...

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete